8 Bahan Kabinet Dapur yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Anda Merenovasi [2023]

Daftar isi

Pernahkah Anda mempertimbangkan berapa banyak kabinet berkontribusi pada fungsionalitas dapur secara keseluruhan? Dari segi daya tarik visual dan penyimpanan yang efisien, kabinet merupakan komponen penting dari dapur. Mereka mungkin berupa furnitur built-in yang ditemukan di banyak dapur modern atau furnitur penyimpanan yang berisi pintu dan laci. Kualitas sebuah kabinet dapur tergantung dari material yang digunakan dalam mendesain kabinet tersebut. Bahan kabinet dapur mengatur nada fungsional dapur dan gaya keseluruhan. Selain itu, bahan yang digunakan dalam mendesain kabinet menentukan kekuatan, daya tahan, masa pakai, perawatan, dan kemampuan perubahannya.

1. Tinjauan Kabinet Dapur

Meskipun semua orang mengetahui kabinet dapur, sebagian besar tidak mengetahui bagian-bagian yang menyusun kabinet dapur. Misalnya, desainer tidak membuat Kabinet MDF dari MDF. Mereka mendesain bagian kabinet yang berbeda dari bahan lain, jadi penting untuk memiliki pemahaman singkat tentang bagian kabinet. Memahami konstruksi kabinet meningkatkan peluang individu untuk memilih bahan kabinet terbaik.

Kabinet terdiri dari bagian-bagian berikut:

Kotak kabinet

Tempat untuk menyimpan barang-barang di dalam kabinet tempat bingkai dipasang.

Bingkai kotak kabinet memiliki tiga gaya utama:

  • Inset: Di sinilah pabrikan memasang pintu dengan kusen untuk memberikan tampilan mulus yang rata. Itu membuat seluruh struktur terbuka.
  • Hamparan sebagian: Pintu berada di atas kusen, memperlihatkan beberapa inci kusen.
  • Hamparan penuh: Pintu kabinet menutupi bingkai kotak kabinet.

Bingkai Kabinet

Pabrikan menempelkan bingkai kabinet ke bagian depan kotak kabinet. Seringkali pintu kabinet menempel pada kotak kabinet berbingkai. Kabinet berbingkai mengandung bahan tambahan, terutama kayu yang melapisi dan membingkai kotak kabinet . Kabinet bergaya Eropa, yang populer disebut tanpa bingkai, menawarkan desain yang lebih bersih dan ramping, karena tidak memilih bingkai atau kayu ekstra. Oleh karena itu, kabinet tanpa bingkai membutuhkan bahan dasar yang lebih kuat dan lebih tebal untuk menahan penyimpanan dan penggunaan.

Panel kabinet

Seseorang dapat dengan cepat menemukan panel kabinet dapur yang ditempelkan pada sisi pulau, kabinet, dan peralatan yang terbuka. Ini menutupi sisi kotak kabinet yang terbuka dan belum selesai. Anda dapat memanfaatkan panel ini di pasaran sebagai panel ujung dekoratif, panel pencuci piring, panel ujung kabinet es, dan lainnya. Panel memastikan untuk menciptakan tampilan yang konsisten di seluruh kabinet.

2. Arti Kabinet Dapur

Karena orang tidak mampu membeli ruang bawah tanah dan pantry besar di dalam rumah mereka. Dalam kasus ini, memiliki kabinet dapur dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Ini dapat membantu Anda dalam berbagai cara. Beberapa dari mereka terdaftar di bawah ini:

Peluang Penyimpanan

Kabinet dapat menggunakan ruang yang ada, seperti di bawah meja, kompor, atau dipasang di dinding. Ini menyisakan ruang yang cukup di dapur Anda, mencegahnya terlihat ramai. Orang kebanyakan lebih suka kabinet dengan banyak rak, yang memungkinkan mereka menyimpan lebih banyak barang seperti bumbu, peralatan makan, toples, dan barang-barang lain yang tidak mudah rusak.

Estetika

Kabinet dapur yang dibuat dengan indah dapat mengubah keseluruhan tampilan dapur. Seringkali orang memilih untuk menghindari renovasi besar. Dalam skenario seperti itu, mengganti pintu lama yang rusak dan berderit membuat dapur Anda terlihat mudah. Karena dapur merupakan bagian utama dari dapur mana pun, setiap upaya renovasi harus fokus pada dapur tersebut.

Kualitas

Kualitas kabinet dapur menentukan umur panjangnya. Oleh karena itu, orang berusaha menabung dan mencubit uang mereka saat merenovasi atau menggantinya. Pemilik rumah memilih dapur dengan bahan terbaik, seperti kayu keras yang tahan lama dan indah, kayu lapis yang kuat, dan perangkat keras terbaik.

3. Bahan Ideal Untuk KabinetDapur

Beberapa kabinet dapur menyertakan kompilasi bahan dalam strukturnya. Seringkali pabrikan menggunakan bahan yang berbeda untuk bagian kabinet yang berbeda. Terdaftar adalah beberapa produsen bahan kabinet yang paling umum digunakan dalam mendesain kabinet.

Papan Pelet Kayu Solid/Particle Board (PB)

Papan partikel

Pilihan menyegarkan dan trendi untuk kabinet dapur rumah Anda adalah papan pelet kayu solid. Banyak pemilik rumah mulai mencari alternatif yang lebih terjangkau untuk memanaskan rumah mereka karena harga minyak dan bahan bakar fosil lainnya terus meningkat. Salah satu opsi tersebut adalah papan pelet kayu, dan investasi di dalamnya meningkat pesat dari waktu ke waktu.

Papan Serat Kepadatan Menengah (MDF).

Papan Serat Kepadatan Menengah-MDF

Papan serat hadir dalam dua kualitas – kepadatan tinggi dan kepadatan sedang. Papan serat kepadatan tinggi (HDF) terdiri dari kayu rekayasa yang dibuat dengan serat kayu yang dicampur dengan resin dan lem. Sering disebut hardboard, mereka menawarkan kekerasan dan penampilan. Papan serat kepadatan menengah (MDF), di sisi lain, kurang padat dibandingkan HDF, karena tekanannya lebih kecil. MDF terutama merupakan lapisan dalam kabinet kayu yang direkayasa dan bekerja paling baik untuk panel, rak, dan laci.

Kayu lapis

Kayu lapis

Ini adalah jenis yang paling umum digunakan di kabinet dapur. Bahannya terdiri dari lempengan kayu yang diiris tipis berlapis-lapis berlawanan arah dan diikat menjadi satu menggunakan perekat. kabinet kayu lapis hadir dengan penutup dekoratif dari lapisan kayu, menawarkan tampilan kayu untuk kotak kabinet .

Kayu Solid

Kayu padat

Kayu solid adalah bahan premium untuk kabinet dapur karena keindahan alam, daya tahan, umur panjang, kekuatan, dan keserbagunaannya. kabinet kayu solid yang indah bisa mahal, tergantung jenis kayu yang digunakan. Banyak kabinet berbingkai dibuat dari kayu atau kombinasi produk kayu untuk bagian dalam yang kokoh dan bagian luar yang dapat dicat. Kabinet kayu solid sering digunakan di dapur mewah dengan pintu kayu solid untuk menghadirkan warna dan tekstur dari luar ke interior.

Baja tahan karat

Besi tahan karat

Karena baja tahan karat tahan lama dan tahan korosi, ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dapur yang terpapar elemen. Seringkali pemilik rumah mencari kabinet dapur yang tahan lama, dan yang terbuat dari baja tahan karat akan bertahan lama.

Kaca​

Pintu kaca

Kabinet dapur kaca meningkatkan aura dapur. Kabinet yang terbuat dari kaca terdiri dari panel kaca, bukan daun jendela yang kokoh. Ini ideal untuk memajang piring, barang pecah belah, dan barang koleksi. Potongan kayu atau logam membagi jendela menjadi panel kaca yang lebih kecil.

Laminasi

Laminasi adalah resin yang dipadukan dengan kertas. Ini menampilkan warna, desain, dan pola yang diinginkan yang ditekan bersama dengan panas. Bahan permukaan yang perlu Anda tempelkan pada kayu lapis dan papan serat lainnya. Kualitas laminasi mempengaruhi harga, kekuatan, dan kecenderungannya untuk terkelupas dari komponen inti.

Melamin

Melamin--768x1023

Ini adalah jenis permukaan laminasi dengan lapisan plastik di atas kayu lapis dan papan serat. Komponen penting dari melamin termasuk kertas dan resin, ditekan bersama dengan panas. Namun, kabinet dapur melamin menawarkan tampilan, nuansa, dan kualitas yang berbeda.

4. Aspek penting yang perlu diperhatikan untuk kabinet dapur

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diingat saat memilih kabinet dapur.

Utilitas

Kegunaan material merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan saat berbelanja kabinet dapur. Bahan komposit sangat baik untuk mereka yang mencari bahan murah. Seseorang dapat memanfaatkan material komposit dalam berbagai warna dan hasil akhir. Mereka mudah digunakan dan dapat diwarnai atau dicat agar sesuai dengan dekorasi dapur.

Penyimpanan

Pertimbangkan kapasitas penyimpanan Anda saat ini dan jumlah yang dibutuhkan untuk kabinet baru Anda. Anda harus mempertimbangkan jumlah yang dibutuhkan untuk kabinet bawah dan atas. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memilih produk.

Efektivitas Biaya

MDF dan papan partikel adalah bahan yang paling hemat biaya. Bahan-bahan ini tersedia dalam potongan-potongan kecil, mudah dipasang, dan tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Selain itu, mereka memiliki biaya perawatan yang rendah dan tidak memerlukan banyak waktu pembersihan.

5. Kesimpulan

Kabinet dapur adalah bagian penting dari dapur fungsional. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, seseorang harus memilih bahan tergantung pada kebutuhan mereka. Anda harus mempertimbangkan semua faktor penting sebelum merombak kabinet dapur Anda. Salah satu investasi rumah yang paling mahal adalah kabinet . Dengan demikian Anda harus memilih bahan kabinet dapur terbaik sebelum memasang.

Mungkin Anda…

Butuh Penawaran? Memiliki pertanyaan

Mencari informasi lebih lanjut tentang furnitur? Hubungi kami hari ini.

Bagikan Kisah Ini, Pilih Platform Anda!

Posting terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Formulir Kontak
Scroll to Top

Bicaralah dengan Pakar Kami